Jokowi Anggarkan Rp 291 M untuk Setu Babakan

Rabu, 21 November 2012

Jokowi Anggarkan Rp 291 M untuk Setu Babakan

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan telah menganggarkan Rp 291 miliar untuk pelestarian dan pengembangan Perkampungan Budaya Betawi di Setu Babakan, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Kita menganggarkan Rp 291 miliar untuk pembangunan di sini," kata Jokowi saat melakukan kunjungan ke kawasan cagar budaya Betawi tersebut, Rabu (21/11/2012).

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengecek pembangunan kawasan baru yang ada di Setu Babakan. Kampung Betawi di Setu Babakan memang sedang membangun beberapa fasilitas tambahan, di antaranya ruang pementasan, galeri, dan rumah adat Betawi. Pembangunan ini sedianya rampung pada 2013.

Setelah mengecek pembangunan infrastruktur di Setu Babakan, Jokowi berdialog dengan Pengurus Badan Musyawarah Betawi serta Pengelola Perkampungan Budaya Betawi. Dalam dialog tersebut, Jokowi berjanji akan menonjolkan kebudayaan Betawi di Jakarta dan memajukan daerah Setu Babakan sebagai cagar budaya.

"Saya punya banyak rencana. Betawi ini kan tuan rumah Jakarta. Kita ingin Jakarta ini menjadi barometer kebudayaan nasional, menjadi kota yang berbudaya," ungkap Gubernur.

Jokowi yang datang tidak memakai baju dinas sempat bersalam-salaman dengan penduduk Setu Babakan yang sudah menunggu kedatangannya sejak pagi. Ia juga menghampiri anak-anak sekolah dasar yang menyambut kedatangannya di depan rumah adat betawi, tempat dilakukannya dialog.

"Kita bangga dengan visi Pak Jokowi untuk kebudayaan Betawi. Tadi kami sudah ngobrol banyak dengan beliau. Rencananya kunjungan ini cuma 10 menit, tetapi malah jadi 2 jam karena Pak Jokowi ingin mendengar langsung dari Bamus pokok-pokok persoalan yang perlu beliau ketahui," kata Effendi Yusuf, Ketua Dewan Penasihat Badan Musyawarah Betawi.